Mengenal Cakra Jantung Pada Tubuh Manusia

Cakra Jantung menandai titik tengah antara tiga cakra fisik di tubuh bagian bawah (cakra dasar, cakra seks, dan cakra solar pleksus) dan tiga cakra ilahi di tubuh bagian atas (cakra tenggorokan, cakra ajna, dan cakra mahkota). Cakra ini terletak di tengah-tengah dada, di sebelah kanan jantung.

simbol cakra jantung

Foto: Simbol Cakra jantung

Fungsi Secara Fisik

Sesuai namanya, cakra ini berfungsi untuk mengontrol kinerja jantung agar dapat bekerja dengan baik dan efisien. Selain itu, cakra ini juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi darah, sistem paru paru, dan kekebalan tubuh. Bisa dikatakan cakra jantung memiliki fungsi yang cukup vital bagi kesehatan, karena kehidupan kita sangat bergantung pada semua itu.

 

Fungsi Secara Psikologi

Banyak praktisi energi alam yang menyatakan bahwa Cakra jantungĀ  juga mengatur adanya perasaan cinta kasih seseorang. Selain itu cakra ini juga yang membuat kita bisa memaafkan orang lain, ketika mereka menyakiti atau mengecewakan kita, dan menerima seseorang dengan apa adanya. Cakra jantung juga dikenal dapat membantu kita agar dapat memiliki cinta yang universal kepada setiap orang dan segala sesuatu.

Cakra jantung berperan penting dalam hubungan dengan orang lain. Bila cakra ini bekerja dengan baik, hidup kita akan menjadi penuh cinta, kasih sayang, murah hati, dan penuh kegembiraan. Namun jika cakra ini tidak berfungsi dengan normal, kita akan menjadi haus akan cinta kasih, takut ditolak, dan selalu merasa kesepian, seakan akan kita hanya hidup sendiri di dunia ini.

cakra jantung

Sekilas Tentang Cakra Jantung

Lokasi Fisik: Tengah tengah dada

Pengaruh Fisik: Jantung, sistem predaran darah, paru paru, saraf vagus, sistem kekebalan tubuh

Masalah Fisik: Penyakit jantung, arteri tersumbat, panas dalam, hernia, empisema, kanker paru paru, pneumonia, bronkitis, asma, alergi

Sistem Kelenjar: Thymus

Fungsi Utama: Merangsang cinta tak bersyarat

Warna: Hijau dan merah muda

 

Fungsi Secara Spiritualitas

Cakra ini juga berfungsi untuk membantu kita agar dapat terhubung dengan sang Ilahi melalui rasa cinta kasih, selain itu juga membuat hubungan antar sesama manusia pun menjadi semakin harmonis. Orang yang mengabdikan hidup untuk hal hal yang berbau sosial kemanusiaan, seperti penyembuh; baik yang menggunakan obat tradisional maupun obat komplementer, terkadang memiliki cakra jantung yang terbuka dengan permanen.

Nah ketika cakra jantung dalam kondisi yang lemah atau bergerak lambat, seringkali kita akan menjadi tidak bersemangat, mendendam, benci, dan suka memendam rasa yang tidak nyaman.

 

Hubungan Warna Hijau dengan Cakra Jantung

Warna yang dominan pada cakra jantung adalah warna hijau cerah. Hijau merupakan warna keseimbangan, menunjukkan posisi sentral cakra jantung pada sistem tuju cakra mayor. Warna hijau yang gelap pada cakra ini menunjukkan kebencian dan iri hati, dan jika berwarna hijau pucat, orang itu takut akan penolakan dan tanggung jawab emosional.

2,137 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini